Kamis, 18 November 2010

Memiliki berat badan ideal,,,,ini dia tips-tipsnya,,



Memiliki berat badan yang berlebihan menjadi masalah tersendiri yang dapat mengganggu kesehatan dan juga kecantikan. Banyak kalangan masyarakat, terutama kaum wanita rela melakukan apa saja agar tidak gemuk, antara lain dengan diet makanan, konsultasi dengan dokter pribadi, atau bahkan dengan memakai obat-obatan kimia. Namun, tidak sedikit pula yang gagal dalam menurunkan berat badan. Banyak yang menganggap bahwa dengan mengonsumsi obat-obatan kimia akan dapat menurunkan berat badan secara cepat. Padahal obat-obatan kimia justru akan menimbulkan efek yang tidak baik yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pola hidup sehat merupakan cara yang paling baik dalam menjaga kesehatan dan juga berat badan. Berat badan yang berlebih sebenarnya dapat diatasi dengan cara-cara alami dan dengan cara yang aman. Berikut tips-tips menarik untuk menurunkan berat badan secara alami dan aman:


1.    Banyak Mengonsumsi Sayuran
Banyak masyarakat yang tidak suka makan sayur karena rasanya yang kurang enak bila dibandingkan dengan bahan makanan lain. Tetapi sebenarnya sayuran memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Selain dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, sayur dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi apabila Anda mempunyai berat badan yang "lebih" dan ingin menurunkan berat badan akan sangat baik mengkonsumsi sayur, dan tidak perlu terlalu memaksakan diet dengan ketat.
Seperti kita ketahui, kelebihan berat badan umumnya disebabkan karena kelebihan lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Lemak yang terkandung di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari diserap tubuh melalui usus. Nah, sayur yang mengandung serat alami berfungsi membantu mengendalikan berat badan. Ketika memakan sayuran, sayur tersebut akan tercerna di dalam lambung dan diteruskan oleh usus sampai akhirnya terbuang ketika kita buang air besar.
Dalam perjalanan pencernaan tersebut serat alami akan menyerap sebagian lemak yang ikut masuk ke dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, proporsi lemak yang diserap oleh tubuh pun berkurang sehingga secara otomatis penambahan berat badan dapat dihambat. Apabila lemak yang lolos dari serapan serat dan masuk ke dalam darah lebih kecil dari kebutuhan kalori maka secara perlahan-lahan berat badan kita akan berkurang. Dengan demikian bila kita mengurangi lemak yang kita konsumsi dan menambah sayur otomatis kita dapat menurunkan berat badan tanpa repot-repot menjalankan program diet secara ketat.
2.    Tidur dengan kualitas dan kuantitas yang cukup
Dalam menjalankan program diet, kuantitas dan kualitas tidur penting untuk diperhatikan karena kesuksesan program diet dipengaruhi oleh masalah tersebut. Rata-rata orang menganggap apabila seseorang banyak tidur akan menggagalkan program diet yang sedang dijalankan karena akan mempercepat penambahan berat badan dan mengakibatkan kegemukan, begitu juga sebaliknya bila sedikit akan tidur mempercepat penurunan berat badan. Jumlah jam tidur memang berpengaruh kepada peningkatan atau penurunan berat badan namun kurang tidur tidak selalu mengakibatkan penurunan berat badan. Seseorang yang stress atau banyak pikiran hingga kurang tidur justru akan cenderung mengalami kelebihan berat badan atau menjadi gemuk. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu hormon yang dinamakan Cortisol dan adrenalin. Hormon Cortisol berfungsi untuk mengatur selera makan. Bersama dengan Adrenalin hormon ini berperan dalam menambah maupun mengurangi berat badan. Adrenalin meningkatkan metabolisme tubuh dan Cartisol mengefektifkan tekanan pada glukosa yang menyebabkan peningkatan produksi protein yang akhirnya membuat energi bertambah. Ketika energi tersebut dapat disalurkan tidak menyebabkan masalah berat badan, namun bila tidak tersalurkan akan menyebabkan penimbunan energi dalam tubuh. Inilah yang mengakibatkan peningkatan berat badan..
Dengan demikian jika ingin berat badan turun atau sedang menjalani program diet sangat perlu untuk mewaspadai masalah tersebut. Karena jika tidak diwaspadai tentunya akan dapat mengurangi efektifitas program diet yang sedang dilakukan dan justru kemungkinan akan meningkatkan berat badan. Untuk itu hindari hal-hal yang menyebabkan stress dan selalu berusaha untuk cukup tidur dan nyenyak ketika tidur.
3.    Cukup Minum Air Putih
Air sangat berperan dalam mensukseskan program diet yang dijalankan. Tubuh kita sebagian besar tersusun dari air. Air membantu ginjal dalam membuang racun-racun ke luar dari tubuh. Disarankan untuk minum sehari 8-10 gelas air putih. Minuman yang dilarang demi kesuksesan diet adalah Alkohol, karena alkohol akan cenderung membantu badan untuk menyimpan lemak dengan memperlambat proses metabolisme dalam tubuh sehingga akan menghambat upaya menurunkan berat badan yang sedang dilakukan.
4.    Kurangi Mengonsumsi Makanan Berlemak Jenuh
Faktor utama penyebab berat badan yang berlebihan adalah lemak jenuh. Lemak jenuh banyak terdapat dalam makanan yang kita santap sehari-hari. Untuk itu disarankan untuk menghindari makanan pencuci mulut seperti es cream karena jenis makanan pencuci mulut seperti ini sangat mengandung lemak jenuh yang mengancam upaya menurunkan berat badan yang dilakukan. Namun, tidak semua produk yang mengandung susu tidak bagus untuk program diet. Produk-produk susu rendah kalori seperti yogurt sangat bagus sebab mengandung protein yang baik yang akan membantu menekan keinginan untuk makan secara alami.
5.    Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3
Omega 3 dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah. Makanan yang mengandung Omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung dan upaya menurunkan berat badan sehingga banyak disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet. Contoh makanan yang kaya akan Omega 3 adalah ikan makarel, salem dan sarden.
6.    Biasakan Olahraga dan Mandi Pagi secara Teratur
Mandi pagi satu jam sebelum matahari terbit diyakini oleh para ahli kesehatan dapat membakar lemak yang berlebih sehingga tubuh tidak gemuk. Selain tubuh menjadi segar, mandi pagi dapat menimbulkan semangat untuk menjalani aktifitas. Setelah mandi pagi, dianjurkan untuk melakukan aktifitas olah raga seperti jalan santai, lari pagi atau bersepeda minimal 30 menit sambil tubuh kita terkena sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan terutama tulang, mata, kulit dan rambut.
Kebiasaan mandi pagi satu jam sebelum matahari terbit akan sangat berat dilakukan apalagi jika kita biasa bangun satu jam setelah matahari terbit. Sering kali kita betah berlama - lama di depan TV, komputer atau pergi ke suatu tempat hingga larut malam, sehingga kebiasaan buruk ini membuat tubuh lelah dan besok harinya sulit untuk bangun pagi. Mulai dari sekarang, tidurlah paling malam jam 9 malam. Sehingga besok harinya kita dapat bangun lebih pagi. Memang efek menurunkan berat badan dengan mandi pagi tidak bisa kita lakukan sekali dua kali, akan tetapi butuh kesabaran.
Semoga tips-tips menurunkan berat badan secara alami ini dapat bermanfaat bagi kita semua, baik untuk menurunkan berat badan dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar